17 April 2024

VISI KEILMUAN PROGRAM STUDI

VISI PROGRAM STUDI TADRIS BIOLOGI

Mengembangkan keilmuwan Pendidikan biologi berbasis potensi lokal dan nilai-nilai keislaman untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan inovatif tahun 2034

TUJUAN PROGRAM STUDI TADRIS BIOLOGI

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan bekerja dalam mengaplikasikan pengetahuan pedagogi, biologi, dan teknologi untuk merancang, melaksanakan, serta melakukan penilaian dalam pembelajaran biologi inovatif, memiliki kemampuan manajerial sebagai pendidik yang berkepribadian baik berlandaskan ajaran dan etika keislaman, serta mampu menjalin Kerjasama dalam bidang pendidikan dan lembaga terkait di tingkat lokal dan nasional.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan dan keterampilan terkait kaidah penelitian ilmiah, keterampilan menulis dan mempublikasikan hasil penelitian dengan Menghasilkan penelitian, pengabdian, dan publikasi ilmiah yang berdayaguna bagi masyarakat berlandasarkan ajaran dan etika keislaman, serta mampu menjalin Kerjasama dalam bidang pendidikan dan lembaga terkait di tingkat lokal dan nasional.
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan serta keterampilan untuk merancang usaha dalam bidang pendidikan maupun keilmuan biologi, memiliki jiwa kepemimpinan dan berkepribadian baik, kreatif dan inovatif, mampu menjalin kerjasama dalam bidang pendidikan dan lembaga terkait bidang usaha di tingkat lokal dan nasional dengan pihak terkait, berlandaskan ajaran dan etika keislaman.
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu menjalin kerjasama dalam bidang pendidikan dan lembaga terkait di tingkat lokal dan nasional dalam rangka pengembangan Tadris Biologi.

PROFIL LULUSAN STUDI TADRIS BIOLOGI

  1. Guru Biologi/IPA SD, SMP,SMA: Sarjana yang memiliki kemampuan mengaplikasikan konsep biologi dan ilmu pendidikan yang dimiliki untuk mendesain rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran biologi, serta melakukan penilaian proses dan hasil belajar dengan didasari rasa tanggungjawab, sikap religius, serta mengharagai perbedaan dan keberagaman.

  2. Peneliti Pendidikan Biologi: Sarjana yang memiliki kemampuan menerapkan pemahaman konsep biologi dan ilmu pendidikan yang diintegrasikan dengan nilai-nilai islam untuk menyelesaikan permasalahan yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari melalui kegiatan penelitian, serta mampu menuliskan hasil penelitian yang diperoleh dalam bentuk artikel dan mempublikasikannya sehingga dapat diakses dan dapat dimanfaatkan oleh orang lain sebagai sumber informasi.

  3. Edupreuner dan Biopreuner: Sarjana yang memiliki pengetahuan serta skill yang kuat terkait manajemen berwirausaha dan mampu mengintegrasikan ilmu serta skill wirausaha dengan konsep ilmu pendidikan maupun biologi murni dengan didasari sikap yang mencerminkan nilai-nilai islam.

  4. Laboran: Sarjana yang memiliki pengetahuan serta skill yang kuat terkait manajemen laboratorium dan mampu mengintegrasikan ilmu serta skill praktikum dengan konsep ilmu pendidikan maupun biologi murni dengan didasari sikap yang mencerminkan nilai-nilai islam.