23 September 2023

Mentoring and Training for Teachers in Inclusive Classes to Develop Innovative Learning Methods for Children with Special Needs: Using Digital Technologies to Support Inclusion

Pada hari Sabtu, tanggal 9 September 2023, telah dilaksanakan kegiatan Mentoring and Training for Teachers in Inclusive Classes to Develop Innovative Learning Methods for Children with Special Needs secara daring melalui platform Microsoft Teams. Kegiatan ini merupakan bagian dari program kolaborasi antara UIN Raden Mas Said Surakarta dan University of Wolverhampton, UK, yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan sosial dan emosional anak berkebutuhan khusus melalui metode pembelajaran inovatif, meningkatkan kompetensi guru dalam merancang, mengelola, dan mengadaptasi pembelajaran inklusif dengan dukungan teknologi digital, serta memperkuat jejaring kerja sama internasional di bidang pendidikan inklusif.

Materi yang disampaikan dalam kegiatan ini mencakup konsep enabling dan perbedaannya dengan caring dalam lingkungan belajar, pemahaman skenario penanganan siswa dengan beragam kebutuhan khusus seperti mobilitas terbatas, ADHD, Down Syndrome, ASD, dan gangguan pendengaran, serta pemanfaatan teknologi asistif dan adaptasi pembelajaran. Selain itu, peserta juga mempelajari perencanaan pembelajaran yang inklusif agar mampu mengakomodasi berbagai kebutuhan siswa secara optimal.

Kegiatan ini dipandu oleh narasumber dan tim pelaksana yang terdiri dari Pratiwi Rahmah Hakim, M.Pd. selaku ketua, bersama Dr. Retno Wahyuningsih, M.Pd., M. Irfan Syaifuddin, M.H.I, Hanna Fauziyah, Fidiya Khoirumufida, Prof. Chris Pascal, dan Prof. Megan Lawton. Selama pelatihan, peserta terlibat aktif dalam diskusi, refleksi praktik pembelajaran, dan latihan penyusunan adaptasi pembelajaran sesuai konteks masing-masing.

Hasil yang dicapai dari kegiatan ini antara lain meningkatnya pemahaman guru dan calon guru mengenai perbedaan konsep enabling dan caring dalam pendidikan inklusif, kemampuan mengidentifikasi dan merancang adaptasi lingkungan belajar untuk berbagai kebutuhan khusus, serta tersusunnya rencana tindak lanjut pelatihan lanjutan dan implementasi modul pembelajaran inklusif di berbagai satuan pendidikan.

 

Mentoring and Training for Teachers in Inclusive Classes to Develop Innovative Learning Methods for Children with Special Needs: Using Digital Technologies to Support Inclusion