08 September 2023

Developing A Pre-Service Teacher Training Program In Inclusive Education: Building Partnerships To Improve The Quality Of Education In Indonesia

Pada bulan Januari 2023 hingga Februari 2024 telah dilaksanakan rangkaian kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang berfokus pada pengembangan pendidikan inklusif di Indonesia. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara UIN Raden Mas Said Surakarta dengan University of Wolverhampton, Inggris, melalui program UK-Indonesia Going Global Partnerships Teacher Training Grant. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah memperluas pertukaran pengetahuan dan pengalaman antara perguruan tinggi Indonesia dan internasional, mengembangkan kurikulum serta materi pembelajaran inklusif yang adaptif dan berbasis bukti, serta mengimplementasikan teknologi asistif yang inovatif untuk mendukung pembelajaran anak berkebutuhan khusus.

Selama pelaksanaan proyek, tim melakukan perencanaan dan koordinasi intensif, kunjungan ke lima lembaga pendidikan anak usia dini dan lima sekolah di Surakarta dan sekitarnya, serta melakukan observasi, wawancara, dan diskusi kelompok terarah dengan guru, kepala sekolah, guru pendamping, dan orang tua. Data yang diperoleh menjadi dasar pengembangan dua modul pelatihan guru prajabatan yang mencakup kebijakan, filosofi, dan praktik pembelajaran inklusif. Modul ini disusun dalam bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia dengan format blended learning sehingga dapat digunakan secara tatap muka maupun jarak jauh.

Selain penyusunan modul, kegiatan ini juga melahirkan pelatihan inclusivity champion dan pelatihan guru pendamping (shadow teacher training) yang untuk pertama kalinya diadakan di Indonesia. Pelatihan ini diikuti oleh guru, calon guru, dan pemimpin pendidikan dari sekolah inklusif, yang diharapkan menjadi agen perubahan dalam mengimplementasikan pendidikan inklusif di lingkungan masing-masing. Tim juga mengembangkan paket pembelajaran jarak jauh yang akan diluncurkan melalui situs web khusus, sehingga materi pelatihan dapat diakses secara luas oleh pendidik di Indonesia dan mancanegara.

Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta dalam menerapkan prinsip pendidikan inklusif, baik dari segi penyesuaian lingkungan belajar, penggunaan teknologi asistif, maupun strategi pembelajaran yang menghargai keberagaman siswa. Kegiatan ini juga berhasil mempererat hubungan kemitraan antara UIN Raden Mas Said Surakarta dan University of Wolverhampton, sekaligus membuka peluang kolaborasi penelitian dan pelatihan lanjutan di masa mendatang.

Demikian berita acara ini dibuat sebagai dokumentasi resmi pelaksanaan kegiatan, untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Developing A Pre-Service Teacher Training Program In Inclusive Education: Building Partnerships To Improve The  Quality Of Education In Indonesia